Breaking News
Loading...
28 May 2015

ANALISIS WEBSITE PERPUSTAKAAN MERANCANGAN ULANG WEBSITE MENGGUNAKAN WORDPRESS

LAPORAN
ANALISIS WEBSITE PERPUSTAKAAN AKBID ESTU UTOMO BOYOLALI DAN PERANCANGAN ULANG WEBSITE MENGGUNAKAN WORDPRESS
DiajukanUntukMemenuhiTugas Mata Kuliah Arsitektur Informasi




 




        O L E H :
Ramdani Ardiansyah   120709005
      





DEPARTEMEN ILMU PERPUSTAKAAN & INFORMASI S-1
FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
2015
PENDAHULUAN
Penerapan teknologi informasi saat in telah menyebar hampir di semua bidang, tidak terkecuali perpustakaan. Perpustakaan sebagai institusi pengelola informasi merupakan salah satu bidang penerapan TI yang berkembang dengan pesat. Perkembangan penerapan TI bisa dilihat dari perkembangan jenis perpustakaan yang selalu berkaitan dengan TI, diawali dari perpustakaan manual, perpustakaan terautomasi, kemudian perpustakaan digital atau cyber library.
Kebutuhan perpustakaan sangat berhubungan dengan peran dari perpustakaan sebagai kekuatan dalam pelestarian dan penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang berkembang seiring dengan menulis, mencetak, mendidik semua kebutuhan manusia akan informasi. Perpustakaan membagi rata informasi dengan cara mengidentifikasi, mengumpulkan, mengelola dan menyediakannya untuk umum.
Penerapan IT pada perpustakaan dapat difungsikan dalam berbagai bentuk, antara lain :
a.       Penerapan IT digunakan sebagai system informasi manajemen perpustakaan, bidang pekerjaan yang dapat di integrasikan dengan system informasi perpustakaan adalah pengadaan, inventasisasi, katalogisasi, sirkulasi bahan pustaka, pengelolaan anggota, statistic dan lain sebagainya. Fungsi ini yang sering di istilahkan sebagai bentuk automasi perpustakaan.
b.      Penerapan IT sebagai sarana penyimpanan, mendapatkan dan menyebarluaskan informasi ilmu pengetahuan dalam format digital. Bentuk penerapan IT dalam perpustakaan ini sering dikenal dengan perpustakaan digital.
Salah satu penerapan IT yang paling umum digunakan adalah pemanfaatan website. Hampir semua perpustakaan yang sudah terautomasi akan memanfaatkan website sebagai salah satu strategi penerapan IT dan menjadi salah satu media promosi untuk menaikan citra perpustakaan. Pada umumnya, situs web perpustakaan akan menyajikan informasi secara lengkap dan jelas kepada pembaca tentang perpustakaan dan semua yang dimiliki oleh perpustakaan. Website bisa dijadikan tempat promosi perpustakaan paling baik karena pembaca bisa membaca secara berulang-ulang informasi yang disajikan.
Namun permasalahannya, tidak semua website perpustakaan benar-benar menyajikan informasi yang jelas  tentang perpustakaan. Hal ini didasarkan pada pengetahuan pengelola website yang tidak memikirkan secara matang website yang akan dibuat. Maka dari itu, saya akan menganalisis sebuah situs web perpustakaan dan mengimplementasikan rancangan website yang baru sebagai uji perbandingan menggunakan hosting free wordpress. Tulisan ini sekaligus akan menunjukan seberapa besar kemampuan wordpress untuk mengelola situs web perpustakaan.

ANALISIS SITUS WEB
1.      Halaman Utama Website
Halaman utama situs berlatar belakang putih dan kombinasi biru, terdiri dari 2 layout kesamping, 2 layout header 1 footer dan 1 menu navigasi.
Gbr.1  Tampilan Utama Situs
            Pada halaman utama website terlihat sebuah website dengan latar belakang putih dan kombinasi biru. Hal ini disesuaikan dengan warna gedung akbid estu boyolali yang berwarna biru ungu. Pada halaman utama website terdapat beberapa fitur web yang tersusun secara terstruktur yaitu :
·         Logo pada sebelah kiri paling atas,
·         Menu navigasi utama pada sebelah kanan atas,
·         Ada kontak email di bagian atas menu navigasi utama,
·         Menu slider dibagian header tepat dibawah navigasi,
·         Dibawah navigasi ada informasi OPAC
·         Sidebar sebelah kiri bawah berisi beberapa widget dan informasi
·         Layout kanan adalah link cepat berupa OPAC, e-journal, dan Digital Library
·         Tepat dibawah link cepat adalah postingan terbaru atau berita terbaru dari perpustakaan
·         Dibagian paling bawah adalah footer.
Adapun frame/layout tampilan website adalah sebagai berikut :
Gbr.2  Layout Situs




2.      Bahasa Situs
Adapun bahasa situs yang digunakan situs web http://library.akbideub.ac.id adalah bahasa Indonesia, namun ada beberapa bagian yang menggunakan bahasa inggris seperti our staff  dan lain-lain. Bahasa situs sangat mempengaruhi kemudahan pembaca dalam membaca informasi, bahasa yang konsisten akan memberikan kesan website yang terorganisir dengan baik dan matang sebelum dibuat.
Gbr.3 kesalahan bahasa

3.      Penggunaan bahasa konten
Pada penggunaan bahasa konten di situs http://library.akbideub.ac.id adalah menggunakan bahasa Indonesia, hanya saja berita yang disajikan tidak up to date sehingga pembaca tidak mengerti akan membaca apa lagi setelah mereka mencari informasi tentang perpustakaan. Seharusnya berita yang ditampilkan selalu up to date, up to date dalam situs secara berkala berpotensi membuat pengunjung akan kembali mengunjungi situs untuk mengetahui berita terbaru dari situs.
Gbr.4 Postingan situs (berita)
4.      Navigasi situs
Navigasi merupakan hal yang paling utama dipikirkan sebelum membuat situs. Situs yang baik adalah situs yang memiliki navigasi yang baik pula. Navigasi akan memudahkan pembaca situs akan kemana selanjutnya ia bergerak. Navigasi biasanya berisi halaman-halaman statis yang di organisir sesuai dengan fungsi yang tepat. Pengorganisasian (pengelompokkan) menu-menu navigasi adalah hal utama yang disiapkan sebelum membuat situs. Pada situs web perpustakaan http://library.akbideub.ac.id navigasi menu sangat sederhana, dan kurang membantu pembaca situs. Mengapa demikian, karena menu navigasi harusnya menjadi wakil daripada situs. Apa yang ada didalam situs harusnya dihubungkan pada menu navigasi.  Pada situs ini, navigasi hanya ada home, profil, layanan, peraturan, usulan pembelian buku. Tampak jelas pembuatan navigasi website tidak terorganisir dengan baik sebelum di buat situs. Navigasi harusnya berisi tentang profil perpustakaan, profil terbagi lagi menjadi beberapa bagian yang perlu disampaikan pada menu navigasi dan begitu seterusnya.  
Gbr.5 Menu navigasi

  1. Sitemap
Pada situs ini, tidak memiliki sitemap. Sitemap biasanya diletakkan pada bagian paling bawah situs. Sitemap berisi semua isi yang ada pada website, berupa link-link di sesuaikan dengan kategori sehingga sitemap (peta situs) membantu pembaca yang butuh informasi lengkap mengenai situs.

  1. Footer
Footer merupakan frame bawah pada situs. Footer pada situs web perpustakaan biasanya terdiri dari info perpustakaan, jam pelayanan dan alamat kontak, juga menu-menu berupa link yang langsung menuju halaman. Pada situs web http://library.akbideub.ac.id footer sudah terlihat cukup baik, karena ada informasi pelayanan perpustakaan, alamat dan ada beberapa gambar database online yang di hubungkan langsung ke database online.




Gbr.6 Footer Situs
  1. Fitur
Fitur web adalah kelebihan-kelebihan yang diterapkan dalam situs web. Adapun fitur-fitur yang disediakan dalam situs web http://library.akbideub.ac.id adalah slider header, OPAC, menu navigasi.
Gbr.7 Fitur Slider pada homepage
Gbr. 8 Tampilan OPAC menggunakan Senayan




PERANCANGAN ULANG  DAN IMPLEMENTASI SITUS WEB  MENGGUNAKAN WORDPRESS
WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai hosting situs web dan blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Pada kesempatan ini, saya mengukur seberapa baik hosting gratis wordpress untuk mengelola sebuah situs web perpustakaan dan seberapa baik pengorganisasian situs menggunakan wordpress. Percobaan ini juga bermanfaat kedepannya untuk perpustakaan yang memiliki keterbatasan dana dan tenaga professional untuk membangun website perpustakaan yang baik, dimana itu merupakan sebuah masalah yang sering ditemui mengapa sebuah perpustakaan tidak memiliki situs web.
Adapun hasil dari perancangan ulang desain dan pengimplementasian arsitektur informasi situs web menggunakan wordpress. Saya membangun situs web berbasis wordpress pada hosting gratis http://idhostinger.com dengan domain http://medanlib.hol.es ,kemudian saya menginstall wordpress di idhostinger.com alasan memilih idhostinger sebagai hosting adalah mendapatkan domain gratis dari idhostinger dan mendapat bandwith lebih banyak dari wordpress. Selain itu kelebihan menggunakan hosting sendiri adalah agar bisa menambah template/theme wordpress. Karena jika menggunakan server wordpress langsung kita hanya bisa menggunakan tempa yang disediakan di wordpress. Alamat backoffice wordpress saya bisa di akses di http://medanlib.hol.es/wp-admin
Setelah saya menginstall wordpress, kemudian saya mencari thema yang sesuai untuk perpustakaan.  Theme yang saya gunakan untuk membuat situs web perpustakaan ini adalah thema wordpress premium dengan nama “MyCollege” saya mendapatkan di salah satu forum online yang membahas wordpress. Semua fitur-fitur yang disediakan sudah ada pada template, saya hanya memodifikasi saja pada beberapa bagian melalui editor menggunakan bahasa PHP.
Saya membuat situs ini dengan nama situs Perpustakaan Akbid Nusa Bangsa, karena berhubungan situs yang saya analisis adalah situs perpustakaan akademi kebidanana.
Adapun hasil dari perancangan ulang dan implementasi arsitektur informasi situs web menggunakan wordpress saya adalah sebagai berikut.




  1. Tampilan Utama Situs Web
 







Pada situs web http://medanlib.hol.es beberapa struktur nya adalah sebagai berikut :
  • Logo perpustakaan pada bagian paling kiri atas
  • Menu navigasi dibagian kanan atas
  • Header 1 untuk nama perpustakaan dan alamat
  • Header 2 kata sambutan (teks berjalan)
  • Menu slider dibawah header
  • Kotak pencarian dengan fitur pembatasan pencarian
  • Informasi perpustakaan
  • Info video
  • Berita perpustakaan
  • Link cepat
  • Link database
  • Info pengunjung
  • footer 1 berita
  • footer 2 info kontak perpustakaan
  • kotak kontak perpustakaan di footer 3
  1. Bahasa Situs
Pada situs web ini, saya membuat bahasa situs menjadi bahasa Indonesia jadi secara keseluruhan semua kata yang ada pada situs adalah bahasa Indonesia kecuali bahasa yang sudah menjadi kata serapan bahasa asing.
  1. Bahasa Konten Situs
Begitu juga pada konten situs, saya menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama kecuali ada berita yang harus menggunakan bahasa asing. Konten pada situs terdiri dari beberapa bagian yaitu halaman (page) dan Postingan (post). Halaman situs tidak akan tampil kecuali saya yang menampilkan sedangkan postingan akan otomatis tampil ketika di publish.

  1. Layout Situs
Gbr.10 Layout situs

  1. Navigasi Situs
Pada navigasi situs, saya membuat navigasi berdasarkan informasi yang ada pada situs web perpustakaan akbid estu utomo boyolali, disana sangat banyak kekurangan sehingga saya menambahkan beberapa hal penting yang harus ada pada navigasi situs web perpustakaan.  Diantaranya adalah menu profil.
Kebanyakan pengelola situs web perpustakaan banyak kesalahan menafsirkan sebuah navigasi, antara layanan yang berisi tentang jenis-jenis pelayanan seharusnya ditempatkan pada menu profil karena isinya hanya brosur. Kecuali ada sebuah layanan yang berdiri sendiri dan bukan brosur, contohnya catalog (opac). Opac berisi aplikasi senayan yang sudah online digunakan untuk mencari buku-buku yang ada di perpustakaan bukan berisi tentang pengertian catalog,maka menu tersebut harus berdiri sendiri.
Gbr.11 Menu navigasi Situs
  1. Sitemap
Sitemap pada situs http://medanlib.hol.es adalah pada bagian bawah situs, menu footer terdapat menu sitemap. Sitemap berfungsi memberi tahu kepada pembaca tentang apa saja yang ada didalam situs, sitemap dibuat berupa link-link yang diurutkan berdasarkan kategori diantaranya kategori berita, halaman, menu dan lain-lain.
Gbr. 12 Sitemap situs
  1. Footer
Footer pada situs http://medanlib.hol.es terdapat 3 bagian, yaitu footer 1 sebelah kanan berisi tentang berita terbaru perpustakaan, footer 2 berisi informasi jam  layanan perpustakaan dan kontak perpustakaan, dan footer 3 adalah kotak form untuk mengirim keluhan atau apapun yang berhubungan dengan perpustakaan.
Gbr.13 Footer situs








  1. Fitur
Adapun fitur dari situs web perpustakaan http://medanlib.hol.es adalah sebagai berikut :
Gbr.14 Menu Slider pada homepage

Gbr.15 Fitur teks berjalan sebagai sambutan pada header 2 situs












Gbr. 16 Fitur kotak pencarian dengan pembatasan pencarian
Gbr. 17 Link Cepat pada situs
Gbr. 18 Backoffice situs menggunakan wordpress



KESIMPULAN
Setelah menganalisis dan merancang ulang situs web perpustakaan akbid estu utomo boyolali, maka dapat ditemukan beberapa kesimpulan yaitu :
  1. Situs web perpustakaan estu utomo kurang menarik perhatian pembaca karena tampilan sederhana dan navigasi yang tidak tepat.
  2. Fitur perpustakaan sedikit.
  3. Bahasa situs kurang konsisten karena menggunakan bahasa inggris dan bahasa Indonesia
  4. Banyak widget yang tidak perlu ditampilkan seperti kalender, gambar staf ahli, serta kategori konten.
  5. Banyak link mati pada situs
  6. Situs kurang diperhatikan karena berita yang tidak up to date, terakhir berita adalah juli 2014.

Dilihat dari beberapa kekurangan yang ada diatas maka saya mencoba merancang situs web yang baru dengan arsitektur informasi yang tepat sehingga situs web berfungsi dengan baik sebagai media promosi perpustakaan. Hosting wordpress adalah hosting gratis, siapa saja bisa membuat situs web dengan mudah tanpa keterampilan khusus dan tanpa mempelajari bahasa pemrograman, tugas ini juga menjadi tolak ukur seberapa baik membuat situs web perpustakaan dengan wordpress yang selama ini dijadikan permasalahan banyak perpustakaan karena keterbatasan dana dan tenaga professional dalam membuat situs web perpustakaan. 

Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

1 komentar:

  1. Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved