Breaking News
Loading...
15 November 2012

Mengapa belajar ilmu perpustakaan dan Informasi???


Mengapa Belajar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi ? || Dhani's Blog

Informasi adalah salah satu kunci keberhasilan dalam berbisnis. Perusahaan dan lembaga yang berhasil adalah mereka yang menggunakan strategi berbasis informasi. Informasi juga menjadi komoditas yang sangat berharga dalam era informasi sekarang ini maupun di masa mendatang. Mereka yang memiliki informasi dan mampu menjualnya dengan cara yang tepat merupakan orang-orang yang memiliki kekuasaan dan kekuatan besar dalam dunia ekonomi dan kehidupan sosial. Kemajuan bisnis media massa (televisi, surat kabar, majalah, radio dan media online) secara terus menerus bergantung pada orang yang mampu mengumpulkan, mengolah, mengemas dan menjual informasi. Mereka ini disebut sebagai manajer informasi dan pusat informasi (salah satunya adalah perpustakaan).

Kebutuhan lembaga yang memiliki layanan perpustakaan tenaga pustakawan berpendidikan sarjana dan diploma semakin tinggi seiring dikeluarkannya Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Pada Pasal 30 disebutkan bahwa .Perpustakaan Nasional, perpustakaan umum Pemerintah, perpustakaan umum provinsi, perpustakaan umum kabupaten/kota, dan perpustakaan perguruan tinggi dipimpin oleh pustakawan atau oleh tenaga ahli dalam bidang perpustakaan. Dengan ketetapan ini maka lembaga akan dituntut untuk mendapatkan pustakawan berpendidikan sarjana Bidang Perpustakaan sebagai pemimpin dan pengelola perpustakaan. Di lembaga dan organisasi di Indonesia masih terdapat ribuan perpustakaan yang belum memiliki sarjana Bidang Perpustakaan sesuai dengan undang-undang, maka kesempatan untuk berkarya dan berpofesi di bidang perpustakaan masih sangat luas.

Lapangan Kerja yang Membutuhkan Kompetensi Informasi dan Perpustakaan?

Di samping lembaga perpustakaan, pekerjaan dan karir di bidang informasi dan kepustakaan (librarianship) tersedia sangat luas dan dalam jumlah yang besar. Beberapa di antaranya adalah:


  1. Manajer dan Penyedia Informasi di semua jenis dan bentuk media.
  2. Pencari dan Penyedia Informasi di Firma Hukum, konsultan informasi di bidang sipil dan milter.
  3. Manajer Pemasaran Informasi dan Public Relations di Pusat Informasi dan Perpustakaan Pemerintah dan swasta.
  4. Manejer dan Penyedia layanan Dokumen dan Arsip di media dan perusahaan industri dan jasa.
  5. Konsultan bidang pengelolaan perpustakaan dan literasi informasi.
  6. (Perusahaan) Penyedia Informasi untuk perusahaan atau perorangan yang membutuhkan informasi untuk menjalankan bisnis dan investasi.
baca juga artikel terkait :
  1. bagaimana karakter mahasiswa ilmu perpustakaan dan informasi
  2. pengertian perpustakaan digital
  3. 5 software khusus bidang katalog dan perpustakaan
karena udah baca artikel diatas,,,maka admin gantian yeh minta tolong sama antum untuk membaca cerita dibawah ini terima kasih :)

Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved