Breaking News
Loading...
20 December 2012

sejarah Tulisan,Buku dan Perpustakaan

sejarah Tulisan,Buku dan Perpustakaan || Dhani's Blog


tulisan
Sejarah perpustakaan diawali dari tulisan,bahan tulis dan alat tulis.Peninggalan berupa tulisan dimulai sejak peradaban tertua yaitu di Sumeria,babylonia,Mesir,Cina dan diberbagai daerah lainnya.Berdasarkan sejarah ilmuan meyakini bahwa orang Sumeria-lah yang pertama  mengembangkan sistem tulisan.Sebelum manusia mengenal dan mencetak buah pikirannya dalam bentuk buku,manusia zaman kuno telah mengenal tulisan dan gagasan.
Sejarah tulisan dapat ditelusuri ke masa sekitar tahun 3.000 SM,khususnya pada bangsa Sumeria yang hidup di Meshopotamia purba diantara sungai trigis dan euphrates.Saat itu orang belum memakai tanda atau huruf seperti yang dipakai sekarang dalam sistem tulisan.Melaui penggalian-penggalian terhadap berbagai situs sejarah ditimur tengah,ditemukan bahwa pada peradaban Sumeria telah ditemukan tulisan yang dipahatkan pada lempeng tanah liat.Mereka menggunakan cuneiform yaitu berupa gambar-gambar yang melambangkan benda atau konsep.contoh seperti gambar berikut:
Cuneiform dalam sistem tulisan termasuk dalam bentuk piktograf yaitu gambar simbolis untuk menyatakan informasi tertentu.Piktograf merupakan tulisan yang paling dini,dan penciptaannya memerlukan perhatian yang tulus.Tulisan ini menggambarkan objek tertentu dalam berbagai bentuk dan gaya.Piktograf yang menggambarkan gagasan ,idea atau konsep dinamakan ideograf.Ideograf juga dikenal dengan logograf atau tulisan idea.ideograf ini kemudian menjadi sederhana ,sehingga hubungan antara gambar dengan maknanya tidak berkaitan sama sekali.Kebanyakan piktograf digoreskan pada tanah liat kemudian tanah liat tersebut dibakar sehingga  tulisan-tulisan tersebut menjadi permanen.Orang mesir pada sekitar tahun 3.000 SM sudah mengembangkan sistem tulisan dengan gambar juga yang disebut  hieroglyph.
Huruf hierogllyph terdiri dari gambar dan lambang berbentuk manusia ,hewan dan benda-benda.Setiap lambang memiliki makna.Tulisan ini berkembang menjadi tulisan hieratik dan demotis.Tulisan Hieratik atau tulisan suci dipergunakan oleh para pendeta.Demotis adalah tulisan rakyat yang dipergunakan untuk urusan keduniawian misalnya jual beli.
Pada tahun 2000 SM bangsa cina telah mengembangkan sistem tulisan yang disebut dengan ideogram yaitu berupa gambar-gambar yang menimbulkan objek.kemudian berkembang menjadi logogram ,yakni wujud simbol yang masing-masing mewakili kata.Logogram inilah yang dipakai sistem tulisan cina sampai sekarang.
Perkembangan selanjutnya adalah tulisan yang dinamakan syllabary dengan sistem ini suatu simbol tidak mewakili kata tetapi suku kata.contoh syllabary yaitu bahasa jepang dan jawa.
Perkembangan terakhir adalah munculnya sistem alfabet.sistem tulisan dengan alfabet ini juga mengalami perubahan.
Para ahli menyatakan bahwa sumber-sumber Romawi dan Yunani kelihatannya tidak ada yang sepakat mengenai asal usul alfabet latin.Sebagian menyatakan bahwa alfabet masuk ke Italia tengah dari Akadia,Yang lain menyatakan alfabet berasal dari etrusca.
Alfabet dalam bentuk yang sederhana mulai tampak tahun 500-750 SM dan dipakai oleh keluarga kaya untuk menandai makam atau kiriman hadiah. Menjelang akhir abad ke -6 alfabet makin banyak bermunculan di kota-kota besar Italia.Pemakaian yang meluas ini memunculkan pula perubahan-perubahan bentuk huruf.

2.BUKU
Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman.
Dilihat dari fisiknya,buku merupakan kepingan helaian kertas dan bertulis yang diikat/ dijilid menjadi satu unit. Singkatnya,buku adalah salah satu media yang digunakan untuk merekam pengetahuan dan berbagai informasi lainnya.Buku juga dapat berfungsi sebagai salah satu sarana komunikasi yang banyak digunakan berbagai kalangan maupun tingkatan masyarakat.
            Dalam ilmu perpustakaan,buku dikenal sebagai monograf (satu kesatuan bahasan), terminologi ini sering digunakan dalam membedakan buku dengan terbitan berseri,seperti majalah,surat kabar,dan jurnal.
Dari segi isi Buku adalah media yang merekam pikiran dan perasaan.Buku juga dokumen yang merekam berbagai pengetahuan,kejadian sejarah dan berbagai informasi lainnya.
            UNESCO
mendefenisi buku harus memiliki jumlah halaman minimal 48 halaman,tidak termasuk halaman kulit dan halaman judulnya.
Bila halaman kurang dari 48 halaman maka benda itu lazim disebut brosur,pamflet,panduan,majalah,dsb.
Dalam pandangan Agama buku disebut sebagai kitab suci yang memiliki makna yang sama dengan buku, tetapi berisi tentang ajaran yang dianggap sakral.
Dalam pengertian yang luas,buku mencakup seluruh kertas atau bahan lain(termasuk media elektronik) yang berisi hasil tulisan atau cetakan(rekaman informasi).

3.PERPUSTAKAAN
Teminologi Perpustakaan dalam bahasa inggris adalah library.
Reitz(2004) menyatakan bahwa istilah library berasal dari liber → librarius (buku tentang buku).
Dalam bahasa greek dan romance istilah yang berbsesuaian adalah bibliotheca.Dari istilah ini maka dalam bahasa Belanda perpustakaan disebut bibliotheek,dalam bahasa Jerman disebut bibliothek,dalam bahasa Prancis bibliotheque dan pada bahasa Spanyol bibliotheca serta dalam bahasa portugis bibliotheca.
Semua kata tersebut berasal dari bahasa Yunani dari kata biblia yang artinya juga tentang buku,kitab.Termasuk istilah kitab suci bible,yang juga berasal dari kata biblia(kitab).
Lebih jauh Reitz mendefenisikan perpustakaan sebagai berikutA collection or group of collection of books and/or other material organized and maintained for use reading,consultation,study,research,are staffed by librarians and other personel trined to provide service to meet user needs.Perpustakaan adalah koleksi atau sekumpulan koleksi buku  atau bahan lainnya yang diorganisasikan dan dipelihara untuk dipergunakan untuk membaca,konsultasi,belajar,meneliti dikelolah oleh pustakawan dan staf terlatih lainnya dalam rangka menyediakan layanan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved