Breaking News
Loading...
06 April 2013

Cara Cepat Mengenal dan mendesign Blog | Belajar design web

Cara cepat mengenal dan mendesign Blog | Belajar design web
selamat datang di blog ini,kali ini saya akan kembali memberi sedikit tentang istilah istilah dalam dunia blog,tapi kali ini dikhusus kan untuk mengenal bagian bagian fisik dari blog saja, karena banyak juga bagian bagian dari blog yang seharusnya diketahui, baik itu bagian blog maupun jenis widget/gadget sebagai pihak ketiga untuk design blog, khusus nya untuk pemula tidak ada salahnya jika mengenal ini dulu sebelum mendesign blog sesuai keinginan.
oke,tutorial ini sengaja saya lengkapi dengan gambar agar lebih mudah dimengerti,
silahkan simak sob :
gambar diatas adalah favicon. dalam dunia nyata favicon ibaratkan logo.jadi logo blog bawaan yah seperti itu,kecuali kalau kita ganti gambar nya dengan gambar yang kita inginkan juga bisa.


gambar diatas memiliki beberapa bagian ,yang merupakan bagian vital dalam sebuah blog.berikut keterangan nya :
1.Header,artinya kepala,tapi bukan kepala manusia atau kepala apa sob, tapi header dari sebuah blog yang biasanya berbentuk tulisan nama blog kita, kalau mau diganti dengan banner juga bisa dan cara mengganti nya juga tidak susah kok, seperti gambar tersebut header nya udah di ubah dengan banner.
2.menu navigasi ,fungsi nya sebagai pintasan suatu artikel atau kategori (biasanya untuk link kategori). dengan menu navigasi akan memudahkan pengunjung melihat lihat apa yang ada dalam blog kita.
3. content ,merupakan inti dari sebuah blog,yaitu tempat postingan kita ditampilkan, dari postingan biasanya pengunjung bisa mengetahui bahwa artikel yang dibaca berkualitas atau tidak,
4. sponsors ,atau sering disebut iklan, yang menjadi kualitas blog baik atau tidak, karena biasanya advister mau memasang iklan apabila traffic blog ramai, tetapi bukan berarti blog yang banyak sponsors(iklan) itu bagus, sewajarnya saja, untuk meletakkan kode iklan sama dengan memsang widget dan bisa kita letakkan dimana saja.
5. sidebar , merupakan sisi kanan atau kiri suatu blog, sidebar ini berfungsi untuk kita meletakkan apa pun yang kita mau,seperti widget,arsip blog,categories dll, bayangin dulu deh kalo sebuah web/blog gak ada sidebar nya,mau jadi apa ??

untuk gambar diatas dinamakan dengan tag could Cyrcle , apa itu tag could cyrcle ? merupakan categories atau label yang diberi perintah untuk membentuk lingkaran,fungsi nya tetap sama aja sih,seperti categories juga ,cuma dibuat agak lebih menarik saja untuk mendesign web,untuk cara membuat nya bisa sobat lihat di cara membuat tag could berputar


sobat pasti pernah melihat model diatas ini kan? seperti menu tapi saat kursor diarahkan ke target maka menu akan terbuka dan dipasang secara melayang,biasanya diatas blog. dalam dunia blog,hal hal yang seperti ini disebut dengan menu floating, karena sifatnya melayang, tapi tidak hanya menu ini yang bisa floating, fitur melayang ini bisa digunakan untuk iklan,atau apapun lah,yang penting rajin rajin cari di google,cara membuat.......floating,,bagi yang suka otak atik html yah sekalian  belajar bahasa html deh untuk membuat perintah Floating,

kalo yang ini nama nya like button melayang, tapi yang dibahas disini bukan melayang nya ,tapi like button nya.  ini merupakan plugin dari facebook yang bisa kita buat dengan muda. Untuk apa like button ? fungsi nya untuk meminta like dari pengunjung blog kita, tapi kita harus memiliki fanspage dahulu untuk bisa membuat like button ini.cara lengkap pembuatan nya bisa sobat lihat juga disini.

Nah kalau yang ini nama nya menu tab view ,fungsinya ? sesuai dengan nama nya "tab" jadi widget ini memiliki tab yang masing masing tab kita isi dengan widget yang kita mau. Selain itu, memasang menu tab view mengehemat tempat sidebar. Dan yang paling vital,fungsi nya memberikan informasi kepada pengunjung secara spesifik, karena biasanya pengunjung akan penasaaran nih dengan yang beginian :-D


kalo yang ini namanya slide show gallery ,fungsinya untuk memberi informasi dengan gambar yang otomatis berganti-ganti. slide show gallery ini saya ambil di website universitas saya (hehehe nyolong aja kerjaan nya) karena pas ada ide,pas kebetulan buka website usu y udah saya ambil yang ini saja, hehe. Bp.rektor jangan marah yah pak foto nya saya letak sini,,gini gini mahasiswa bapak juga lho hehehe

dan yang ini pasti sudah tidak asing lagi kan ? soalnya yang seperti ini paling sering digunakan blog untuk design web. Namanya menu dropdown ,yah sesuai dengan namanya berarti menu yang memiliki menu, menu ini akan secara otomatis membuka menu lainnya saat tersentuh kursor,maka nya dinamakan drop down.


dan terakhir karena letaknya dibawah maka dibahas dipaling bawah :D
Footer, sudah pasti dunk setiap blog.website itu memiliki footer fungsi nya tetap sama ,menyediakan tempat untuk memberi informasi kepada pengunjung,sama seperti sidebar.

oke,itu dulu sob yang bisa saya share, besok besok saya share lagi deh...
intinya ,dalam mendesign web/blog tidak perlu dibutuhkan kerja super keras, yang penting kita memahami nya dulu, kalau sudah paham ni buat apa ni buat apa kan gampang, :D
oke,semoga bermanfaat sob !!

BACA JUGA ARTIKEL BELAJAR WEB DESAIN LAINNYA

Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

2 komentar:

  1. Blog saya sidebarnya saya jadikan satu dengan navigasi gan. Entah itu salah atau tidak, tapi yang penting unik :D.

    ReplyDelete
  2. syukron katsiron

    ReplyDelete

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved