Breaking News
Loading...
14 January 2015

Diskusi Bersama Hendro Wicaksono Lead and Developer “Library Software SLIMS (Senayan Library Information Management Systems)”

Diskusi Umum Bersama Hendro Wicaksono Lead and Developer “Library Software SLIMS (Senayan Library Information Management Systems)”.  
Impus USU – Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi kembali menghadirkan sebuah acara. Rabu (14/2) kali ini, sebuah acara diadakan di Ruang Rapat Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi dengan model “talk show” yang mengangkat profil seseorang yang inspiratif. Hendro Wicaksono (30th), seorang Pengembang sekaligus Pimpinan tim SLIMS (Senayan Library Information Management Systems) turut menghadiri acara bincang-bincang tersebut sebagai Pembicara. Beliau menceritakan bagaimana perjalanan hidup seorang Hendro wicaksono, pendidikan, karir hingga proses terciptanya kesuksesan SLIMS sekarang ini.
Seperti kita ketahui bersama, SLIMS singkatan dari Senayan Library Information System adalah sebuah software Perpustakaan dengan interface yang user friendly sehingga mudah digunakan. SLIMS telah digunakan di ribuan perpustakaan di Indonesia maupun di luar Negeri. Kesuksesan dari sebuah SLIMS ini tidak mentah-mentah diterima oleh Hendro Wicaksono. Ia harus melewati proses yang panjang hingga sampai seperti sekarang ini.
Diskusi Umum Bersama Hendro Wicaksono Lead and Developer “Library Software SLIMS (Senayan Library Information Management Systems)”
Foto Acara Diskusi bersama Developer SLIMS

Hendro Wicaksono, adalah seorang lulusan Universitas Indonesia Program Studi Ilmu Perpustakaan Angkatan 1992. Putra kelahiran Dumai, Riau ini tinggal di tanah kelahiran hingga sekolah menengah Pertama (SMP) dan melanjutkan sekolah menengah keatas hingga sekarang di Jakarta. Karena keterbatasan Ekonomi keluarga, Hendro Wicaksono berprinsip “biar bagaimanapun harus mampu berkuliah di Negeri” karena hanya sekolah Negeri lah yang biaya pendidikan nya murah. Ia yang memiliki background sekolah jurusan IPA dan siapa menyangka pilihan “terakhir” yang dipilih ia saat mengikuti Ujian SBMPTN tahun 92 tersebut mampu membawa nama nya hingga sekarang ini.
Sedikit bercerita pengalaman di Program Studi kuliah nya, Ilmu Perpustakaan adalah Program Studi yang tidak disangkanya bisa masuk kesana. Selama satu tahun pertama, Hendro merasa tidak cocok dengan jurusan yang digelutinya  hingga awal semester 3 barulah Hendro bangkit dan bersemangat menjalani Kuliahnya. Ia yang memiliki hoby “Oprek-Oprek” itu melakukan kegiatan yang berhubungan dengan computer disetiap harinya. Bahkan ia selalu membagi waktunya antara kuliah dengan dunia computer. Hendro mengatakan “kuliah saja tidak cukup, kita harus memiliki skill yang unik untuk mampu berkompetisi di dunia kerja, saya punya hobi mengoprek computer maka saya selalu melakukan itu setiap hari. Dari computer dengan OS linux yang saya miliki, saya coba menginstall ulang Linux berkali-kali pada computer saya, saya suka menulis program saya lakukan setiap hari menulis koding”.  Dengan keseriusan dan keuletannya serta dengan dunia IT dan kecintaanya dengan jurusan Ilmu Perpustakaan, pada tahun 2006 Ia dan Tim nya berhasil membuat sebuah project berupa software perpustakaan dengan nama “Senayan” yang sekarang dikenal dengan SLIMS. Karena software ini didanai oleh APBN maka software ini di rilis dengan lisensi GPL (General Public Liscense). Software ini adalah kategori“Freeware” dapat di unduh di situs resmi SLIMS http://slims.web.id . Hendro berpesan kepada peserta, “untuk menjadi orang yang sukses, kita tidak perlu menghitung berapa banyak materi yang kita keluarkan karena materi itu akan diganti sendiri dikemudian hari dengan jalan lain. Ingat, untuk menjadi sukses itu butuh proses, sekarang ini banyak orang yang ingin sukses tapi mereka melupakan proses, semua tidak ada yang instan. Lakukan apapun yang anda sukai, kerjakan hal tersebut berulang-ulang hingga itu menjadi jam terbang buat anda kedepan. ”
Diskusi Umum Bersama Hendro Wicaksono Lead and Developer “Library Software SLIMS (Senayan Library Information Management Systems)”
Foto Bersama Hendro Wicaksono (tengah Baju Hitam)

Acara yang berlangsung selama 2 jam ini berlangsung sangat efektif, ini dilihat dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari peserta yang sangat antusias mengikuti acara ini.  Acara pun di akhiri oleh kata sambutan dari salah satu dosen Ilmu Perpustakaan dan Informasi A. Hafiz Harahap M.I.Kom dan ditutup oleh Palit Hanafi Lubis S.Sos, selaku moderator sekaligus alumni Ilmu Perpustakaan dan Informasi.


penulis : Ramdani Ardiansyah

Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved