Breaking News
Loading...
08 June 2016

Cari tau lebih tentang selongsong sosis, resep rahasia sosis enak

Dhanicyx.com | Cari tau lebih tentang selongsong sosis, resep rahasia sosis enak | Sosis!! yang ada di benak kita saat mendengar kata itu adalah daging lembut berbentuk tube siap dimakan pakai saus tomat ditambah mayonnaise ah enak banget pasti. Tapi, dari sekian banyak para pecinta sosis pasti lebih sering makan sosis yang sudah siap makan atau makan sosis saat membeli makanan cemilan dan lain-lain. Pernah gak sih sobat mengira kalau ternyata membuat sosis itu sangat mudah loh tanpa harus membeli sosis yang sudah siap saji? 
sosis enak
image by google.com
Oke artikel kali ini bukan mau ngajarin cara membuat sosis yah atau cara memasak sosis tapi lebih menjelaskan tentang sosis dan mengenalkan beberapa hal yang dibutuhkan kalau sobat mau bikin usaha sosis :D
Sebelum perkataan ini semakin gak jelas sob, yuk mari kita simak beberapa fakta tentang sosis berikut ini : 
  • Menurut Wikipedia, sosis (sausage) merupakan suatu makanan yang terbuat dari daging cincang, lemak hewan, terna dan rembah serta bahan-bahan lainnya. 
  • Sosis ini sudah ada sejak 3.500 tahun yang lalu dibuat oleh bangsa sumeria yang sekarang bernama Irak.  Dan makanan ini disukai oleh bangsa Yunani, Romawi dan Negara-negara sekitarnya.
  • Sosis diperkenalkan ke Indonesia oleh Meneer Belanda pada zaman pemerintahan belanda (colonial)
  • Pada awalnya orang Yunani menyebut Sosis dengan sebutan Salsus yang artinya diasinkan, kemudian di Eropa menyebutnya Sausage dan orang Belanda mengejanya dengan nama “Saucijs” inilah sejarah awal mulanya disebut sosis ya.
  • Di Jerman, sosis merupakan salah satu makanan paling penting, ibarat kata sebagian besar di Jerman semua makanan pasti ada sosis (sausage) sebagai bahan makanan dasar atau campuran. 
  • Bahkan di Jerman setidaknya lebih dari 1500 jenis sosis yang dikonsumsi.
  • Selongsong sosis atau casing sosis merupakan salah satu hal paling penting untuk membuat sosis, terutama membuat sosis yang enak dan lezat.


Nah ada yang unik nih sob dari beberapa fakta diatas. Salah satunya adalah selongsong sosis atau casing sosis. Emang bener ya selongsong sosis ini mempengaruhi rasa sosis yang enak? Walaupun tidak signifikan mampu membuat rasa sosis semakin lezat dan gurih, namun selongsong sosis adalah hal paling penting saat membuat sosis sob.
Ngomong-ngomong sudah tau belum selongsong sosis itu seperti apa? Oke mari kita cek gambar ini ya.
Nah, jadi selongsong sosis ini berguna untuk mencetak sosis dalam bentuk tabung (tube) seperti yang kita lihat sekarang ini. Jenis selongsong sosis ini sendiri pun ada 3 jenis, yang pertama jenis selongsong sosis alami, selulosa dan kolagen.

Selongsong sosis alami biasanya terbuat dari usus hewan ternak. Casing sosis jenis ini dapat dimakan bersama daging sosis, dan mempunyai nilai gizi lebih tingga serta melekat erat pada daging sosis. Namun selongsong sosis alami tentunya tidak tahan lama, sehingga hanya dianjurkan menggunakan selongsong sosi ini saat membuat sosis sendiri dirumah.

Selanjutnya selongsong selulosa, casing sosis jenis ini terbuat dari bahan baku pulp. Sekarang juga sudah dikembangkan dengan bahan dasar plastik yang dibuat berpori, bentuk dan ukurannya bisa diatur serta tahan panas dan dapat dicetak. Selongsong sosis jenis ini tidak dapat dimakan, tetapi dapatdiwarnai dan dicetak. Jadi casing sosis ini cocok untuk anda yang ingin membuat usaha sosis ya. Harga selongsong sosis selulosa juga lebih murah tentunya sob.
Cari tau lebih tentang selongsong sosis, resep rahasia sosis enak
bentuk selongsong sosis jenis selulosaimage by markaindo.co.id
Terakhir selongsong kolagen, nah kalau ini terbuat dari kulit hewan yang sudah diawetkan sesuai prosedur dan kebutuhan. Casing sosis ini juga dapat dimakan, bisa diwarnai dan melekat pada produk sosis. Walau harganya agak mahal, namun selongsong jenis ini adalah selongsong sosis paling banyak dipakai karena lebih simple dalam membuat sosis. Selongsong sosis jenis kolagen juga mampu menambah cita rasa sosis semakin lezat dan gurih. 
Cari tau lebih tentang selongsong sosis, resep rahasia sosis enak
selongsong sosis model kolagenimage by markaindo,co.id
Untuk mendapatkan selongsong sosis kolagen juga tidak sulit, sobat bisa menemukan di swalayan terdekat dengan sebutan casing sosis, toko peralatan makanan, atau bisa langsung membeli selongsong sosis dari produsennya langsung.

Nah, sekarang sudah tahu kan tentang sosis dan selongsong sosis. Jadi bagi kamu yang punya niat bikin usaha pembuatan sosis sangat rekomended loh, karena pasar sosis di Indonesia masih sangat menjanjikan, rata-rata masyarakat Indonesia suka sosis sob hehehe.
Demikian artikel tentang selongsong sosis, resep rahasia sosis enak semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat sekalian ya.

Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

4 komentar:

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved