Breaking News
Loading...
13 May 2013

Menentukan bit, byte, field, dan record dalam sebuah database | library science

Menentukan bit, byte, field, dan record dalam sebuah database | library science

selamat malam sob, kali ini saya mau berbagi pengalaman saat mengerjakan tugas yang diberikan dosen. Awalnya sih saya tidak bingung mendengar kata database karena saya emang udah pernah belajar sih sebelumnya, namun ternyata setelah diperdalam lagi saya mulai kebingungan nih sob, saat ditanya kenapa database itu disimpan secara terstruktur?, sedangkan data terstruktur itu saja belum bisa saya kuasai. Namun lama-kelamaan saya tidak mau berhenti disini, terus saya pelajari walau akhirnya tugas saya yang saya kerjakan ditolak oleh sang dosen alias "salah", namun saya tidak sakit hati kok, saya terus pelajari sampai dapat tuh tugas yang disuruh. Tugas nya tuh ya yang diatas nih sob, mencari contoh sebuah database dan tentukan mana yang disebut bit, byte, field dan record serta mana juga yang disebut dengan database.
Akhirnya tugas yang saya kerjakan diterima kok sob, alhamdulillah...
akhirnya saya bisa menentukan mana bit, byte, field, dan record dalam sebuah database, walaupun sebagian orang mengatakan ini mudah, namun bagi saya ini adalah pengalaman yang luar biasa sulit dan membingungkan sob.

dalam sebuah database ada yang disebut dengan bit, byte, field, record, file dan database itu sendiri.
kita ambil contoh sebuah database pembuatan SIM yang dimiliki oleh polisi. Jika kita melihat SIM milik kita pasti akan tertera disitu "nama", "TTL", "alamat", "tinggi", dan sebagainya.
bagaimana kita mengetahui yang mana yang disebut sesuai judul pembahasan ini ?

coba kita lihat contoh gambar database dibawah ini :

gambar tersebut menunjukan mana yang disebut dengan bit, byte, field dan record (download gambar untuk memperjelas).
jika dilihat pengertian sederhana nya, maka dari gambar diatas  dapat disimpulkan seperti ini :

  1.       Bit : adalah data yang dihitung per karakter . Contoh nya satu huruf pertama pada nama “ramdani ardiansyah” maka tiap huruf dari kata tersebut adalah satu bit
    2.      Byte : adalah kumpulan dari beberapa bit (karakter). Contohnya pada kata “ramdani” maka data tersebut sudah menjadi satu byte
    3.      Field : adalah data yang dihitung dalam satu ruas pada kolom yang disediakan. Contoh nya pada kolom “nama” semua entri yang dimasukan kedalam kolom tersebut berarti satu field (ruas)
    4.      Record : adalah kumpulan data dari beberapa field menjadi satu rekaman data. Contohnya semua entri  pada kolom nama, no.ktp, alamat, pekerjaan, TTL, tinggi, jenis kelamin, jenis SIM, dan masa berlaku sim sudah menjadi satu rekaman atau satu record.
    5.      File : merupakan kumpulan entri entri dalam satu data yang sudah siap untuk disimpan. Contoh nya pada tabel diatas dikatakan satu file karena sudah siap untuk disimpan.
    Database : sedangkan database merupakan kumpulan dari data-data maupun file yang sudah disimpan dalam satu tempat penyimpanan untuk mempermudah temu balik data dan penyuntingan. Apabila tabel diatas sudah disimpan dalam tempat penyimpanan yang sesuai maka tabel tersebut sudah disebut satu database, yaitu database pembuatan SIM.
jika kita bongkar lebih dalam lagi seperti apa pembuatan database ini , maka kita harus memahami lebih dahulu aplikasi pembuatan database seperti microsoft access yang saat ini paling mudah digunakan , MYSQL, visual basic dan lain-lain.
apabila database diatas tadi kita bongkar, maka pembuatan database nya seperti gambar dibawah ini :





Keterangan :

  1. a .  Pada kolom nama field, merupakan kolom untuk membuat ruas yang akan menjadi kata kunci dalam memasukan entri, misalnya field “nama” berarti kita tinggal memasukan nama seseorang yang akan membuat sim
    b.      Pada kolom type, merupakan jenis entri yang akan dimasukan kedalam tabel nanti, jika “ angka” maka hanya bisa dimasukan data dalam bentuk “angka” dan jika teks maka hanya bisa dimasukan dalam bentuk huruf saja.
    c.       Pada kolom maksimal, merupakan banyak nya bit (karakter) yang dapat dimasukan kedalam tabel nanti, misalnya maksimal 20 maka bit yang boleh dimasukan dibatasi dengan jumlah 20 bit ( karakter)
    d.      Keterangan, merupakan penjelasan dari field-field yang sudah dibuat, namun jika dirasa tidak perlu ada penjelasan maka kolom keterangan tidak perlu diisi

Nah, hanya sampai disitu saja lah sedikit pemahaman yang bisa saya share ke kawan-kawan sekalian, semoga bermanfaat dan bisa dimengerti yah sob,, kalau banyak salah nya silahkan dikomentar yah sob biar kita perbaiki,,
:-)

Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved