Breaking News
Loading...
16 March 2015

10 Profesi yang Cocok Untuk Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi

10 Profesi yang cocok untuk Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Bicara pekerjaan berarti berbicara profesi, karir, dan masa depan. Masa-masa inilah yang menentukan masa depan kehidupan seseorang, ingin menjadi apa dan akan memberikan kontribusi apa untuk negeri tercinta ini.

Nah, untuk sobat Dhani's Blog yang sedang menggeluti perkuliahan di Jurusan Ilmu Perpustakaan, jangan galau yah untuk memilih profesi apa yang pas buat kalian para calon sarjana Ilmu Perpustakaan. Admin akan memberikan saran terkait 10 Profesi yang Paling Cocok untuk Lulusan Ilmu Perpustakaan.
Admin juga kuliah di jurusan ilmu Perpustakaan Loh hihihi :D
Oke, berikut adalah profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan ilmu perpustakaan dan Informasi.



1. Pustakawan 


pustakawan
image source www.ugm.ac.id
                                        
Pustakawan merupakan profesi yang sangat mulia. Tidak kalah kerennya dengan dokter, insinyur, guru, akuntan maupun yang lainnya. Itulah kenapa, pustakawan jadi urutan pertama dari 10 Profesi yang Paling Cocok untuk Lulusan Ilmu Perpustakaan. Meski sampai saat ini pustakawan masih dipandang sebelah mata, namun keberadaan pustakawan sangat dibutuhkan sebagai pengelola informasi. Bahkan di luar negeri, pustakawan sering disandingkan dengan profesor dan para peneliti yang super jenius itu. Kalian tak perlu khawatir jika nasib kalian nanti jadi pustakawan. Yang terpenting asah terus softskill kalian agar jadi pustakawan teladan yang mampu bersaing dengan para pustakawan dari luar negeri. Gajinya pun sekarang lumayan lo, apalagi yang sudah sertifikasi.



2. Arsiparis


arsiparis
image source rinarinnbi.blogspot.com
Arsiparis adalah profesi yang cocok juga buat kalian lulusan Ilmu Perpustakaan yang hobi mengelola dokumen-dokumen penting untuk diarsipkan.Tentu, jika kalian ingin menjadi arsiparis, kalian harus menguasai ilmu kearsipan dan dokumentasi kemudian kirim lamaran deh ke lembaga yang membutuhkan tenaga tsb.



3. Penulis dan Editor


penulis
image source kaskus.co.id

Nah, pustakawan itu kan tiap harinya selalu bergelut dengan buku dan informasi. Maka sudah sepatutnya kalianlah yang jadi seorang penulis. Meskipun untuk hal yang satu ini, siapa pun bisa menjadi seorang penulis. Akan tetapi, untuk kalian para calon sarjana Ilmu Pepustakaan adalah orang yang paling cocok untuk menekuni bidang ini. 



4. Manager



manager
image source pixaboy.com

Bagi kalian yang ingin menjadi manager, tentu kalian harus pandai dalam bidang ini. Kan dulu waktu kuliah ada matakuliah manajemen perpustakaan dan manajemen koleksi. Nah, dari bekal ilmu tersebut dapat kalian aplikasikan untuk menjadi seorang manager yang hebat.


5. Programmer


programmer
image source kaskus.co.id
 Untuk kalian para pecinta IT tak perlu khawatir jika kalian tak minat untuk jadi pustakawan. Karena kalian juga bisa menjadi programmer hebat. Pastinya, IT nya harus bener-bener menguasai niih..


6. Dosen


dosen
image source edukasi.compasiana.com
Bagi kalian yang ingin menjadi akademisi, kalian juga bisa jadi dosen lo. Tentunya kalian harus melanjutkan jenjang pendidikan lagi, minimal S2 baru kemudian bisa jadi dosen.


7. Konsultan


konsultan
image source vmt.co.id

Sarjana Ilmu Perpustakaan juga bisa lho jadi konsultan. Tepatnya konsultan informasi maupun konsultan perpustakaan. Dengan profesi ini, kalian akan menjadi orang yang sangat berguna sebagai pemberi solusi terkait dengan informasi maupun perpustakaan.

8. Translator

translator
image source prx.org
Sarjana Ilmu Perpustakaan jadi translator? Apa bisa?? Tentu saja. Kalian yang punya kemampuan berbagai bahasa asing pasti banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan. Peluang kalian akan semakin besar meraih mimpi dengan menjadi translator. apalagi kemampuan kalian ini dibumbui dengan skill dalam pengkatalogan. Tentunya, punya nilai plus tersendiri dalam mengolah informasi. 


9. Pengusaha


pengusaha muda
image source www.tren.co.id
Bagi kalian yang berjiwa entrepreneur, tentunya kalian bisa mandiri mengembangkan usaha yang kalian inginkan. Meski dengan perjuangan yang keras, sekecil apapun usaha kalian, kalian adalah bosnya.



10. Wartawan


wartawan
image source radioglobalmediaswarafm.com

Wartawan adalah pekerjaan yang tak mudah dilakukan. Untuk menjadi seorang wartawan, kalian harus punya Comunication skill yang bagus dan information skill yang hebat pula. Maka dari itu, penulis menulis wartawan sebagai urutan ke-10 dari beberapa profesi yang cocok untuk lulusan Ilmu Perpustakaan.

Selain dari ke 10 profesi yang telah penulis sebutkan di atas, masih banyak profesi maupun pekerjaan yang cocok  untuk lulusan Ilmu Perpustakaan. Jadi tidak semua lulusan perpustakaan itu menjadi pustakawan walaupun profesi utama yang diajarkan adalah pustakawan. Namun tidak sedikit lulusan ilmu perpustakaan yang sukses dengan berbagai profesinya loh, ada yg menjadi programmer seperti pengembang aplikasi SLIMS Hendro wicaksono adalah murni lulusan mahasiswa Ilmu Perpustakaan.
Juga dosen favorit saya nih, murni lulusan ilmu perpustakaan namun sudah pernah menjabat sebagai ketua PSI (pusat Sitem Informasi) USU, Bpk. Dr.Ridwan Siregar, M.Lib :)
Selain itu lagi sob, kalau saya pernah cek data alumni ilmu perpustakaan, tidak jarang yang bekerja di Bank swasta atau bank Negeri. 
Masih kurang lagi sob?
Lulusan ilmu perpustakaan bisa juga menjadi Analis Sistem (perpustakaan), Web Designer dan Web Developer yang keduanya bisa menjadi soft skill untuk bisa dijual jasanya. 

Oke sob...sampai disitu dulu sedikit artikel mengenai profesi yang cocok untuk mahasiswa ilmu perpustakaan dan informasi.
Semoga bermanfaat !!

Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved