Breaking News
Loading...
08 May 2014

Kuliah Umum DI Badan Arsip Dan Dokumentasi, Jl.Williem Iskandar Medan

Kuliah Umum DI Badan Arsip Dan Dokumentasi, Jl.Williem Iskandar Medan

Selamat malam pembaca setia dhani's blog. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman dalam bidang akademik. Karena sudah sangat lama juga nih saya tidak share aktivitas saya dikampus baik akademik maupun non akademik. Nah sekarang saya akan mencertiakan kisah saya tadi siang (8 mei 2014).
....pada hari kamis ini, mata kuliah yang sedang saya tekuni (manajemen Arsip) mengadakan kuliah umum ke kantor Badan Arsip dan Dokumentasi Pancing (jl.Williem Iskandar) Medan. Pukul 09.00 kami berangkat dari kampus. Sebenarnya dari jam 8 kami sudah bisa berangkat karena transportasi yang sudah kami sewa sudah datang dari pukul 7.30 wib, Namun karena ada kesalahan komunikasi antara dosen mata kuliah lain sehingga kami diharuskan mengikuti kuliah selama setengah jam dengan keadaan Dosen yang sudah cukup kesal. Yaah memang ini kesalahan kami dan kami jadikan pelajaran.
Lanjut pembahasan...
kami berangkat pukul 09.00 dan saya duduk dibangku depan menjadi navigator supirnya...dan supirnya juga berkata "aduuh kecewa kali kami bang, Kami nunggu abang dari jam tengah 8 lho..tapi ini perginya jam 9.."
saya pun menjawab..."saya sangat minta maaf kepada bapak dan rekan, karena ini memang kesalahan kami pak, ada kesalahan komunikasi antara kami dengan dosen.., setelah ini pasti bapak tidak bakal kecewa lagi, hehehe" canda saya....dan supir pun tersenyum.
pukul 10.00 Wib kami sampai di lokasi yang sebelumnya sudah pernah saya survei saat mengantar surat izin kuliah umum kesini. Inilah kantor Badan Arsip dan Dokumentasi Daerah. terletak dijalan Williem iskandar, Pancing,,,saya lupa nama jalannya.,,,namun jika kamu tau Simpang Unimed yang lewat MAN 1 dan MAN 2 medan...lalu belok kanan dan melihat gedung sangat besar dan luas tapi bukan itu kantornyaa..dulunya itu kantor gubernur sekarang dijadikan sebagai GOR nasional. Nah,,kantor Arsip nya tepat berada dibelakang GEdung Gor itu..ada tugu kecil yang tertutup oleh ranting-ranting pohon. Turunlah kami dari bus tepat didepan tugu Kantor Arsip..dan kami berjalan menuju Kantornya.
Dan tidak menunggu lama,,kemudian dosen datang dan langsung mengajak kedalam dan para pegawai disana langsung menyambut kami dengan senyum. Tidak disangka, biasanya jika bertemu dengan orang-orang yang bekerja dikantor seperti arsip atau perpustakaan sangat jarang tuh orangnya ramah-ramah (mudah-mudahn saya nanti tidak seperti yang buruk-buruk heheh)
Kami pun langsung diarahkan oleh pegawai nya untuk memasuki Aula yang dimiliki oleh badan Arsip..
Ruangan yang cukup luas karena sudah bisa untuk menampung kami sebanyak 60 orang..maka sudah dikatakan luas.
Pembicara pertama langsung oleh Kepala Bidang Arsip (pak Jakson) yang menceritakan sedikit mengenai sejarah kantor Arsip ini.
Selanjutnya pembicara Oleh sekretariat Bidang arsip yang ibu ini dari cara berbicara sangat menunjukan profesionalitasnya sebagai seorang Arsiparis. Karena saat ditanya dia adalah seorang sarjana Ekonomi dan Pascasarjana PSikologi...dari mana jalannya yaah bisa menjadi Arsiparis..yaah itu sudah jalan rezeqi yang ditetapkan diatas..buktinya dia sangat bangga dan terlihat mencintai Arsip...karena beberapa kata yang disampaikan oleh ibu itu,..Arsip itu penting dan arsip itu harus kita jaga...banyak kata-kata motivasi yang didapat dari Materi yang disampaikan oleh pegawai Arsip di Aula. Sebelum diakhiri materi pengantarnya dibuka sesi tanya jawab seputar Badan Arsip ini sendiri dan sudah terjawab sebanyak 8 pertanyaan.
.....Sesi Selanjutnya adalah kami terjun kelapangan yaitu melihat langsung arsip yang ada di badan Arsip ini, dibagi menjadi tiga kelompok...kelompok pertama bagian Pengelolahan Arsip Statis, kelompok kedua masuk kebagian penyimpanan arsip atau Archives Center, dan kelompok terakhir adalah Melihat Gallery (yang merupakan kebanggaan dari badan Arsip ini).
Saya ceritakan saja langsung tiap bagiannya yaah...
pertama saya dan beberapa rekan sekelompok saya memasuki bagian pengelolaan, disitu dijelaskan dengan detail bagaimana pengelolaan arsip di badan arsip daerah sumut ini, dan cara pengelolaan nya sudah sama dengan apa yang kami pelajari selama ini, tidak kalah jauh lah dengan ANRI (arsip nasional republik Indonesia). Yang berbeda adalah koleksi yang masih sedikit dan ruangan yang terbatas itu saja.
kedua...kami memasuki bagian Archives center...disini adalah tempat arsip statis (yang bernilai tinggi sehingga dipermanenkan) disimpan karena tidak boleh dimusnahkan.
Terakhir...kami masuk kelantai 2 dan melihat ruangan Gallery Medan Tempo Doeloe. Saat pertama kali masuk kami merasa berada didalam Museum...namun semakin lama semakin berubah persepsi saya mengatakan seperti museum karena ternyata didalamnya berisi ratusan foto yang dibingkai dan digantung diberi deskripsi sehingga kami mudah mengetahui itu foto apa. Dari foto-foto didalam itu, sangat banyak pelajaran yang kami dapat karena kami dapat mengetahui medan dulu nya seperti apa..selain itu penjaga gallery nya juga sangat ramah tamah.
Setelah berakhir...maka berakhirlah kuliah umum kami dan turun kelapangan di badan arsip daerah dan kami berpamitan dengan pegawai semua dan terakhir foto barena didepan gedung.
kami tidak beranjak pulang, melainkan kami pergi refreshing ke tempat pemandian siBiru-biru...daerah deli serdang ujung yang lumayan jauh dari medan sekitar 2 jam. Dan kami menghabiskan waktu kami disitu mulai pukul 2 siang sampai setengah 5 sore.
Intinya....hari ini sangat bermanfaat, menambah wawasan, pelajaran, pengalaman serta meningkatkan persahabatan kami satu jurusan.

Untuk foto-fotonya...nanti saya upload ya,..soalnya masih di kamera temen belum diminta hehehe....
semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi Sob.

Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved