Breaking News
Loading...
26 May 2014

Macam-macam Format E-Book

Macam-macam Format E-Book
E-book atau elektronic book merupakan buku yang dewasa ini sangat popular digunakan oleh orang banyak. Bagaimana tidak, sangat banyak kelebihan yang bisa didapatkan membaca ebook daripada membaca buku manual sehingga banyak orang yang beralih ke ebook. Tahukah kamu ternyata ebook itu bermacam-macam format. E-book yaitu buku elektronik sedikitnya memiliki 2 unsur yaitu elektronik dan bacaan. Jadi setiap bacaan yang dibaca melalui media elektronik itu disebut e-book. Benarkah? ya benar..namun itu dalam pengertian secara umum. Jika dipersempit lagi pengertiannya E-book itu reinkarnasi dari Buku manual, jadi apabila dibuku manual seperti itu bentuknya maka di ebook juga seperti itu lengkap dari mulai Cover depan hingga cover belakang. Namun tidak semua ebook seperti itu, maka dari itu kita sebagai pembaca lebih suka menganggap ebook itu seperti pengertian yang secara umum tadi.
Yah, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai macam-macam format ebook. Mengapa banyak format? ada istilah "beda tempat beda rasa", beda format ebook nya beda pembaca ebooknya beda juga rasanya.
1. Ebook format Application
biasanya buku dirangkum menjadi 1, saat membaca tidak dibutuhkan aplikasi pembaca ebook karena ebook berjalan seperti aplikasi yang dijalankan. Biasanya ebook ini memiliki format .exe
2. Ebook Format PDf
ini yang paling sering kita baca sehari-hari, semua pasti lebih mengenal pdf daripada format lainnnya karena format pdf adalah format yang paling mudah digunakan untuk semua platform, software untuk membaca pdf juga sangat mudah seperti pdf reader, adobe reader dan lain-lain
3. Ebook format Epub
format sebenarnya yang lebih tepat dikatakan ebook, karena biasanya ebook dengan format epub ini merupakan buku yang sudah didigitalisasikan dalam format epub, tapi yang jelas format ini banyak kelebihan dibanding dengan format lainnya. Namun kekurangannya kita harus menginstal aplikasi pihak ketiga untuk membaca ebook dalam format ini, untuk windows software pembacanya Calibre, android bisa pakai moon+reader, aldiko reader dan lain-lain kalau di IOS bisa pakai Marvin, Ibooks dan Stanza reader.

oke, mungkin itu saja sekilas mengenai format Ebook, kalau anda pilih menggunakan yang mana?
dan  jika ada tambahan silahkan tambahkan dikotak komentar ya sob :-)

Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved