Breaking News
Loading...
09 May 2014

Membuat PKM (proposal Kreatifitas Mahasiswa), bingung pilih yang mana

Membuat PKM (proposal Kreatifitas Mahasiswa) bingung pilih yang mana

Awalnya saya belum mengenal apa itu PKM, baru tau waktu kemarin bulan 3 saya mengajukan beasiswa PPA (peningkatan Prestasi Akademik) ke bagian fakultas dan saya mengambil formulirnya. Saya sempat kaget melihat persyaratan yang baru ini, ada tertulis "Melampirkan Proposal PKM". Mulai hari itu lah saya langsung mncari tau apa itu pkm dan seperti apa pkm itu.
Singkat seputar Pkm,.....
PKM atau proposal kreatifitas mahasiswa merupakan program yang dibuat oleh DIKTI yang untuk menunjang kreatifitas mahasiswa. Karena sangat banyak mahasiswa yang kreatif tetapi mereka tidak tau harus mengajukan kreatifitas tersebut kepada siapa agar mendapat bantuan materi. Maka Dikti membuat program tersebut setiap tahun. Dan sudah banyak sekarang ini mahasiswa yang dapat merealisasikan kreatifitasnya karena mendapat bantuan dana dari Dikti.
macam-macam PKM,....
awalnya saya mengira bahwa pkm itu berupa wirausaha yang kita buat untuk mengajukan proposal yang melampirkan rincian dana yang kiranya nanti jika diterima akan dibantu sekian persen. Namun ternyata PKM tidak terbatas hanya disitu, pkm terbagi lagi menjadi 7 yaitu PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Teknologi (PKM-T), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), PKM Penelitian (PKM-P), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), dan PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M).
dari ke 7 jenis PKM tersebut yang paling sering diajukan adalah jenis PKM K, karena kwirausahaan mahasiswa dituntut untuk pengembangan keterampilan yang berpusat pada profit.
lanjutt cerita beasiswa....
melihat dari contoh pkm yang saya download di internet begitu sulit walaupun tidak terlalu sulit karena membutuhkan data yang serinci mungkin, apalagi untuk pkm K, harus benar-benar real wirausahanya, jelas usaha nya, dan jelas profitnya...namun berkas beasiswa ini diajukan 3 minggu lagi...lalu bagaimana saya harus membuat pkm itu?
akhirnya saya memutuskan membuat PKM GT, gagasan tertulis. Karena sebenarnya banyak gagasan-gagasan saya yang ingin saya terapkan siapa tau akan diterima.
Dan pembuatan pkm gt pun saya siapkan selama  minggu, dengan sedikit mencari sample sebagai data real untuk pkm saya. Dan saya ajukan berkas beasiswa saya.
Dan 2 bulan kemudian, sekarang sudah bulan 5...datang pengumuman katanya nama saya keluar dan disuruh mengikuti Workshop pembuatan PKM, namun dihari itu juga saya sedang ujian tengah semester. lalu bagaimana itu? kata teman saya jika tidak datang maka beasiswa nya tidak akan dicairkan. Lalu setelah selesai UTS saya langsung menhampiri bagian fakultas dan menjelaskan semuanya dan kata mereka, mereka akan menjelaskan kebagian atas, dan saya diperbolehkan mengikuti prosedur selanjutnya.
Jadi prosedur selanjutnya adalah membuat ulang PKM karena masih banyak bahkan hampir seluruhnya PKM yang diajukan oleh satu kampus masih salah formatnya, mulai dari format penulisan, belum ada dosen pembimbing, dan lain-lain. Yaa...bagaimana lagi..persepsi saya waktu itu dalam waktu 3 minggu apakah cukup untuk mendatangi dosen dan meminta jadi dosen pembimbing,,..yaa salah saya memang, tapi ini akan saya jadikan pelajaran.
Maka, seteah seminggu terakhir ini...saya membuat ulang pkm saya dan mencari dosen pembimbing untuk membimbing saya, dan melengkapkan kelompok saya, terdiri dari 3 orang dan berbedan stambuk.
Nah, saat inilah saya bingung sekali untuk membuat pkm apa, karena untuk pkm yang saya ajukan yaitu PKM GT, waktu pengajuan sudah habis tinggal PKM T, PKM M, PKM K dan PKM KC, maka saya harus memmilih dari 4 jenis pkm itu dan memulai dari awal....mohon doa dari teman-teman pembaca sekalian...semoga saya bisa menyelesaikan pkm ini dengan baik, dan beasiswa saya akan diterima amiiin....
salam blogger :-)

Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

0 komentar:

Post a Comment

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved