Breaking News
Loading...
17 June 2014

Cara Meningkatkan Traffic Blog Terbukti Ampuh

Cara Meningkatkan Traffic Blog Terbukti Ampuh

Halo sahabat blogger, terima kasih telah berkunjung di Blog ini, kali ini kita akan membahas tentang traffic blog dan bagaimana cara meningkatkannya.

Sebelum kita membahas lebih dalam bagaimana cara meningkatkan traffic blog, maka lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apa itu traffic blog, apa itu visitor, apa itu uniq visitor dan apa itu pageview. Walau terkesan sama namun dari ketiga istilah tersebut ternyata berbeda. Jika traffic diartikan dalam bahasa Indonesia maka artinya adalah lalu lintas maka jika kita pakai istilah ini di blog "traffic" adalah jumlah lalu lintas yang mengunjungi blog kita atau sering kita artikan sebagai Statistik (harian, mingguan, bulanan, dan sepanjang waktu). Nah, jadi apa bedanya dengan visitor? visitor adalah real visit, orang yang benar-benar  mengunjungi blog kita dari mesin pencari. Jadi kunjungan para visitor lah yang akan terhitung dalam traffic blog kita. Apa bedanya lagi dengan uniq visitor? nah unik visitor ini kita artikan sebagai pengunjung yang baru pertama kali mengunjungi blog kita dan itu sangat baik bagi Search Engine Optimation (SEO) karena setiap pengunjung baru dengan IP komputer yang baru ini akan menjadi nilai tersendiri di Mata Google. Dan yang terakhir adalah pageview, apa itu pageview? sesuai dengan arti nya page view berarti halaman yang dilihat, maka jumlah pageview sama dengan jumlah halaman yang dikunjungi atau dilihat oleh visitor dan inilah yang dihitung secara real kedalam statistik blog kita. Jika 1 visitor membuka halaman di blog kita sebanyak 10 halaman maka yang terhitung statistik adalah 10, bukan 1. Maka dari itu traffic sangat lah penting bagi keberlangsungan blog. Semakin tinggi traffic blog semakin baik pula, tidak memandang berapa visitor atau uniq visitor namun pageview lah yang menjadi ukuran traffic suatu blog.


Oke, lanjut ke inti permasalahan, bagaimana cara meningkatkan traffic blog dengan cepat. Setelah kita tahu bahwa yang kita butuhkan adalah traffic ramai maka segala macam kegiatan kita akan ikut meningkat karena semangat dan yakin bahwa blog kita ini memang bermanfaat. Mungkin cara ini sudah biasa bagi beberapa blogger yang sudah senior, namun bagi saya ini merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan traffic. Inilah beberapa cara yang sudah saya lakukan untuk meningkatkan traffic blog ini semoga bermanfaat :

1. Perbanyak Artikel Blog
Logika sederhana saja, banyak artikel banyak pembaca. Buat artikel sebanyak-banyaknya dengan kualitas yang baik dan harus Original bukan copy paste, apapun yang anda tau tuangkanlah dalam blog sobat, buat artikel yang banyak namun secara berkala, misal kita sanggup membuat artikel minimal 2 artikel perhari maka buatlah kegiatan itu secara terus menerus dalam satu bulan penuh (minimal), dan ini terbukti selain meningkatkan traffic blog maka blog kita juga akan cepat terindeks oleh Google. Namun ini permasalahannya, tidak semua artikel itu disukai oleh pengunjung maka dari itu saya menyarankan buatlah artikel seputar informasi terhangat, tips dan trik, cara-cara sederhana, info unik dan menarik dan sebagainya yang mampu memikat pengunjung untuk membaca artikel kita, namun ingat artikel harus tetap orisinil tanpa sedikitpun copy paste dari artikel lain, karena keaslian artikel menjadi prioritas utama dalam sebuah blog.
2. Buatlah Desain Blog Menarik
Seperti kata dosen saya, "buatlah tampilan blog itu sesuai dengan selera pengunjung, bukan selera kita", maka kita sebagai pengelola blog memiliki tugas penting yaitu mendesain tampilan blog semenarik mungkin hingga akan menarik perhatian pengunjung agar betah berlama-lama di blog kita, sehingga akan besar kemungkinan pengunjung akan membaca artikel menarik lainnya dan tentunya akan meningkatkan traffic blog. Desain blog yang menarik biasanya warna template yang tidak terlalu mencolok, buat navigasi blog yang jelas dan lengkap, buat artikel terkait setiap postingan buatlah beberapa widget yang dinamis sehingga menarik perhatian untuk dilihat, jika di blog ini saya memasang widget popular post bergerak bisa sobat baca DISNI  
3. Rajin mengindeks Blog atau Artikle ke Search Engine
Rajinlah mensubmit artikel kita ke mesin pencari secara rutin karena ini akan mempengaruhi nilai traffic blog kita, jika kita rajin mensubmit artikel ke mesin pencari maka akan cepat pula mesin pencari mengindeks artikle kita kedalam database nya. Cara submit artikel sama seperti cara submit blog, dapat sobat baca DISNI
4. Bergabunglah dengan Sosial Media
Zaman sekarang sosial media tidak lagi hanya mempromosikan diri kita untuk menunjukan eksistensi kepada dunia, namun kita bisa memanfaatkan sosial media untuk bisnis kita. Maka tidak sedikit orang-orang yang bekerja online menggunakan Sosial media seperti twitter, facebook dan sosial media lainnya yang memungkinkan kita untuk berpromosi.  Untuk facebook, paling penting adalah membuat Fanspage blog kita dan integrasikan dengan blog, sehingga setiap kita memiliki artikel baru maka secara otomatis artikel akan terposting pula di fanspage facebook. Semakin banyak yang like fanspage maka semakin banyak pula jangkauan pengunjung yang akan didapat. Begitu pula dengna twitter, rajinlah mempromosikan url artikel kita yang bermanfaat ke twitter sobat bisa baca cara meningkatkan traffic dengan twitter . Dan yang terakhir, buatlah Grup Official Blog kita di Facebook, karena ini juga sangat mempengaruhi nilai promosi blog dan artikel kita, namun kita harus tetap rajin memposting artikel ke Grup facebook juga, cara ini mampu meningkatkan traffic blog secara siginifikan lho, bagaimana tidak? buatlah grup sederhana dengan nama official blog kita dan angkat beberapa teman kita untuk menjadi admin dan tambahkan semua teman kita dan teman dari teman kita di facebook untuk bergabung ke dalam grup, (namun ingat janganlah buat grup sampah yang tidak bermanfaat, maka dari itu tetap rajin update di grup tersebut yang isinya artikel blog kita).

Oke, mungkin itulah beberapa strategi saya untuk meningkatkan traffic blog dan saya sudah membuktikan dengan cara diatas dan akan terus tetap dilakukan. 

Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

4 komentar:

  1. makasih tipsnya mas, akan saya coba terapkan di blog saya agar trafiknya meningkat pesat :D

    salam sukses :)

    ReplyDelete
  2. sama-sama mbak Indri, makasih atas kunjungannya :-)

    ReplyDelete
  3. Sebelumnya, terimakasih atas artikelnya gan, sangat membantu, nanti saya coba terapkan di blog saya :)

    Sebagai referensi, jika berkenan, silahkan baca panduan yang saya buat, berikut daftarnya:
    Cara jitu meningkatkan SERP Google dalam 1 malam
    Tips MENINGKATKAN PENGUNJUNG Blog Dalam Waktu 3 Bulan
    Mengetahui POSISI SERP Artikel Blog di Google Secara Akurat
    Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung (Visitor) Blog - Lengkap

    Barangkali dapat membantu :)

    ReplyDelete

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved