Breaking News
Loading...
26 June 2014

Cara Upload Senayan (SLIMS) ke Id Hostinger

Cara Upload Senayan (SLIMS) ke Id Hostinger

Malam ini, saya mencoba untuk membuat artikel tentang software perpustakaan. Sebelumnya, apa sobat sudah tau apa software yang digunakan oleh perpustakaan?
layaknya sebuah kantor yang memiliki database sendiri untuk keperluan administrasi, maka perpustakaan juga sedemikian pula. Harus memiliki aplikasi yang bisa mendukung semua kegiatan administrasi di Perpustakaan. Mulai dari pengolahan, sirkulasi, hingga Open Akses katalog atau sekarang lebih tren disebut OPAC (Online Public Access Catalog). Nah, senayan ini adalah salah satu aplikasi yang mampu mengangani kegiatan tersebut dan aplikasi ini adalah aplikasi Open source yang bisa digunakan dan di modifikasi oleh siapa saja selama tidak menghilangkan credit hak cipta. Senayan atau lebih dikenal SLIMS (Senayan Library Information Management System) merupakan software perpustakaan yang gratis, dari sekian banyaknya aplikasi perpustakaan baik berbayar maupun gratis maka Senayan inilah software yang paling digemari oleh perpustakaan. Oh ya, untuk proses instalasi senayan ke komputer ini juga panjang dan agak rumit (menurut saya) namun kedepannya saya akan coba buat artikelnya. Walaupun sekarang sudah banyak perpustakaan yang beralih ke DIGITAL dengan berbagai software perpsutakaan digital, namun senayan masih tetap EKSIS hingga sekarang, apa buktinya? masih banyak pustakawan-pustakawan yang membuat forum atau Organisasi "Pecinta senayan" seperti SLIMS Kudus, SLIMS Jepara dan masih banyak lagi, hal ini dapat dilihat dari keaktifan Blog resminya. Bisa sobat cari di Google dengan kata kunci diatas.
Lanjut ke pembahasan, kali ini saya akan menerangkan langkah demi cara mengupload senayan ke hosting gratis yaitu ID hostinger. Oke, selamat mencoba sob.


1. Pertama sobat download dulu peralatan yang haru disiapkan untuk upload dan yang diupload. Untuk mendownload senayan sobat bisa unduh disini versi terbarunya : slims 7 Cendana update : sumber dari SLIMS kudus, satu lagi yang harus sobat download adalah Filezilla, ini berguna untuk menghubungkan komputer dengan hosting sobat, karena mengupload file ke hosting memang harus menggunakan Filezilla, agar lebih mudah dan cepat. Download Filezilla versi terbaru disini  dan install filezilla seperti instal aplikasi seperti biasa.

2. jika sudah , ekstrak file yang sudah didownload dan ganti nama folder menjadi "senayan" (tanpa tanda kutip).

3. jika sudah, simpan baik-baik file senayan nya yang sudah di ekstrak. 

4. langkah selanjutnya adalah membuat Akun hosting di idhostinger. masuk ke http://www.idhostinger.com/forum/register dan isi data-data yang diperlukan, paling penting adalah masukan email yang valid. 

5. Setelah mendaftar, order hosting sesuai kemampuan sobat, jika hanya tahap belajar, maka pilih saja yang hosting gratis dengan domain name yang telah sobat buat dan pastikan domain name yang sobat isi itu tersedia.
pilih yang order Gratisan aja :-D




6. jika sudah sukses mengorder domain nya, maka masuk control panel kemudian pilih  menu "DatabaseSQL" dan buat satu database dengan nama "Slims" (tanpa kutip) dan username isi dengan nama "slims" (tanpa kutip).




7. kembali lagi ke beranda control panel hosting sobat. Catat bagian yang saya lingkari pada gambar ini, ini akan digunakan untuk menghubungkan filezilla dengan hosting sobat

8. buka filezilla di komputer sobat, jika sudah terbuka filezilla langsung sobat isi kolom-kolom di filezilla sesuai dengan nomor gambar gambar diatas  dan sesuaikan dengan kolom dibawah, lalu klik connect :

keterangan : mesin- isi dengan ip hosting, nama pengguna - isi dengan nama pengguna,
kata kunci - isi dengan password hosting

9. Upload File senayan dari folder tempat kamu menyimpan senayan, seperti gambar diatas (Upload web site harus dengan kecepatan internet diatas 10 mbps, seperti diwarnet DOTA yang jaringan nya stabil, kalau diwarnet lain saya tidak mencobanya)
   
   NB:

  • Proses upload memang memakan waktu yang lama, sampai setengah jam lebih dan memang seperti itu jadi jangan sobat jangan panik. 
  • Dan berhasil tidaknya "mengonlinekan" senayan tergantung pada tahap ini, jadi jika ada satu file saja gagal di upload maka gagal lah senayan nya untuk di onlinekan. Maka dari itu usahakan jaringan stabil karena filezilla sangat sensitif.
  • jika ada file yang gagal maka langsung pilih tab "file yang gagal" dan drop semua file yang gagal lalu klik kanan dan pilih "upload ulang semua file yang gagal".


10. jika sudah sukses upload lewat filezilla, lalu kamu cek langsung ke dashboard hostinger sobat ( masuk ke id hostinger cari menu "file manager 1" seperti gambar dibawah ini, jika minta instal maka klik instal saja.

11. jika sudah, klik nama domain yang sudah kamu buat tadi dari beranda dashboard hostinger, seperti gambar.

12. jika berhasil, akan muncul tampilan instal senayan, dibawah ini, klik oke lets start
tampilan awal sebelum di instal
13. Lalu muncul permintaan database My SQL yang sudah dibuat diawal tadi, lalu pergi ke hosting kamu pilih "database SQL"
copy bagian yg saya lingkari dan masukan sesuai angka  

masukan data seperti gambar, klik continue


13. jika sudah benar, klik continue dan start senayan...
klik start senayan

14. sampai tahap ini, kamu sudah berhasil menginstal senayan ke Id hostinger. Tampilan setelah di start senayan akan seperti gambar dibawah ini :

Untuk info lebih lanjut kunjungi http://slimskudus.blogspot.com, Komunitas SLIMS kudus yang membahas SLIMS lebih mendalam.


keyword : cara upload senayan ke hosting gratis, cara upload senayan ke id hostinger, cara mengonlinekan senayan di hosting gratis, cara mengonlinekan senayan di id hostinger, cara mengonlinekan senayan, download senayan dan cara mengonlinekannya, cara mengonlinekan senayan menggunakan id hostinger, id hostinger cara mengonlinekan senayan, cara upload senayan ke hosting indonesia, cara upload senayan di hosting gratis mudah dan cepat, cara mudah upload senayan ke hosting gratsi, cara upload senayan ke hosting, cara upload senayan mudah ke hosting.



Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

1 komentar:

  1. Website-nya di-hack, po, Masbro? Kok tiap link diarahkan lain.

    ReplyDelete

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved