Breaking News
Loading...
14 November 2014

Perlukah memasang antivirus untuk smartphone Android?

Perlukah memasang antivirus untuk smartphone Android?
Selamat siang, selamat membaca artikel sederhana ini.
yah, kali ini pembahasan kita adalah perlu tidak kah memasang antivirus pada smartphone android. Mungkin sobat sudah sering mendengar isu-isu bahwa ada yang mengatakan tidak perlu antivirus smartphone android karena antivirus android membuat akselerasi smartphone kita semakin lambat. Tapi juga terdengar isu bahwa satu-satunya cara melindungi smartphone android dari virus-virus adalah dengan memasang antivirus android. Nah, dari kedua pendapat ini maka dari itu saya tertarik untuk membuat artikel mengenai perlu tidak nya memasang antivirus smartphone android.

kita lihat perkembangan android sekarang ini, faktanya android menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan hingga kuartal ke-3 tahun 2014. Oleh karena itu, tidak heran jika Android menjadi incaran empuk para oknum-oknum jahat yang ingin memanfaatkan kemegahan Android..
Bahkan google sendiri pun yang menjadi pencetus android, telah menciptakan perlindungan dasar untuk para pengguna yaitu Google Play Service, dengan fitur real time scanner nya, GPS dapat memverifikasi setiap aplikasi yang akan di install. Jadi, apakah masih perlu antivirus android dipasang?
menurut saya, antivirus android adalah aplikasi yang bisa jadi perlu dan bisa pula tidak perlu. Kenapa demikian? yah, antivirus adalah aplikasi yang berjalan di belakang sistem, sehingga tidak heran jika saat anda memasang antivirus pada smartphone android anda lama kelamaan ponsel anda akan semakin terasa lambat. Dan tentunya dengan aplikasi yang berjalan di belakang sistem, akan menghabiskan banyak sumber daya baterai. Tentu kondisi seperti ini yang akan merepotkan bagi pengguna smartphone kelas menengah kebawah yang memiliki RAM yang pas-pasan.
Namun antivirus merupakan hal yang perlu karena jelas menjadi pelindung smartphone anda apabila terserang virus sewaktu-waktu. Karena virus pada android tidak hanya datang dari aplikasi namun juga malware-malware jahat yang kadang ada pada situs web yang bisa menjadi ancaman smartphone kita sehingga diperlukan sebuah Antivirus android.
Namun jika kondisi smartphone android kamu adalah kelas atas, maka tidak ada salahnya memasang antivirus android.
nah, berikut ini saya sertakan cara menghindari ancaman jika tidak menginstall antivirus :

  • Sebisa mungkin jangan Install Aplikasi di luar dari Google Play Store, Jika memang terpaksa, pastikan File APK yang ingin diinstall berasal dari sumber yang terpercaya. Karena bisa saja APK tersebut sudah disisipkan script yang bisa mengambil informasi pribadi atau keuangan kamu.
  • Jangan sembarang klik atau buka link yang tidak dikenal, semisal kamu mendapatkan Broadcast dari teman yang berisikan Link, alangkah baiknya tanyakan dulu itu link apa, bisa jadi teman kamu sudah dibajak untuk menyebarkan link scam yang nantinya dapat merugikan.
  • Jangan juga sepenuhnya percaya dengan aplikasi yang ada di Google Play Store. Google tidaklah sempurna, terkadang masih ada aplikasi yang dianggap merugikan tetapi masih bisa didownload dari Play Store. Sebaiknya, sebelum mendownload, kamu perhatikan dulu Review dari orang-orang yang sudah mencobanya.
kalau saya sendiri tidak memasang antivirus pada android saya walaupun RAM nya sudah lumayan. Kenapa? karena jika kita paham dan dapat memilih mana aplikasi yang layak di instal atau tidak maka kita sendiri yakin bahwa tidak akan ada virus smartphone kita. Hanya saja hal ini memang sangat beresiko. Maka kembali kepada perlu masing-masing. Jika dirasa perlu dipasang antivirus android ya silahkan dan jika tidak memasang antivirus maka kita juga harus ada pengetahuan yang baik dari setiap yang akan kita hubungkan dengan smartphone android kita. 

oke, demikian pembahasan kali ini mengenai perlukah memasang antivirus pada smartphone android semoga bermanfaat!!

Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

2 komentar:

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved