Tips Membangun Bisnis Bersama Pasangan Anda

Kebanyakan orang mengatakan tidak akan berhasil apabila membangun bisnis bersama pacar atau pasangan, kalau tidak usahanya yang tidak berhasil, ya  pasangannya yang berakhir dengan berbagai alasan. Padahal tidak semua apa yang dikatakan oleh kebanyakan orang itu benar loh, membangun bisnis bersama pasangan akan lebih mudah mendapatkan chemistry karena antara anda dan pasangan anda seharusnya sudah saling mengerti dan saling melengkapi.  
Namun tetap saja, dalam menjalin hubungan dan berbisnis tentunya akan semakin besar resiko yang akan dihadapi, maka dari itu ada beberapa tips bagi anda yang ingin membangun bisnis bersama pasangan anda tanpa harus takut akan resiko yang dihadapi, bisnis aman hubungan lancar. 
Kira-kira apa aja sih yang harus kamu dan pasangan lakukan sebelum benar-benar mengembangkan bisnis? Yuk, simak penjabaran lengkapnya!

1. Samakan komitmen serta visi-misi anda dan pasangan 
samakan visi dan misi
original source image www.huffingtonpost.com
Sebelum anda memulai dunia bisnis bersama pasangan, alangkah baiknya anda dan pasangan anda menyusun visi misi untuk bisnis yang akan kalian jalani. 
  • pertama, apa motivasi kalian masing-masing kenapa ingin membangun bisnis dan memilih bisnis ini?
  • Dalam waktu 1, 3, dan 5 tahun, seberapa jauh anda dan pasangan anda akan mengembangkan bisnis anda?
  • Apakah anda dan pasangan ingin membuka kerjasama dengan orang lain atau investor? Atau bisnis ini khusus kalian saja yang memiliki? ini perlu dipastikan dari awal loh, 

Poin-poin diatas bisa dijadikan patokan utama untuk hubungan sekaligus sebagai navigasi kalian kemana bisnis ini akan berjalan. Kalian bisa membuat visi-misi yang sama, supaya nantinya kalian bisa tetap ada pegangan ketika ada perbedaan pendapat. Selain itu, selalu junjung tinggi komitmen yang sudah kalian miliki sedari awal hubungan berdua terjalin. jangan sampai ada diantara komitmen kalian yang berubah ditengah jalan,...

2. Surat perjanjian juga penting untuk dibuat di awal, haruskah?

buat surat perjanjian
original source image id.gopher.co.id
Surat perjanjian? haruskah?? sebelum kamu dan pasangan kamu memulai bisnis ada baiknya kalian membuat sebuah surat perjanjian yang isinya kalian sendiri yang menyepakati. Surat ini nantinya akan berfungsi membimbing kalian sekaligus bisa dijadikan penyelesaian ketika sedang berselisih pendapat. anda dan pasangan anda bisa saja membuat kesepakatan, baik mengenai sistem bagi hasil ataupun ketika salah satu dari kalian memutuskan untuk keluar dari bisnis ini. Agar ke depannya nanti apabila bisnis kalian disudahi tak akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan karena memang segala ketentuannya sudah diatur di dalam surat perjanjian yang telah kalian sepakati berdua.

3. Usaha dengan pasangan bisa sukses apabila kalian saling memahami

sifat saling menghargai harus kalian junjung tinggi
original source image m.liputan6.com
Saling terbuka sangat penting dalam menjalin hubungan dengan pasangan, begitu pula ketika kalian memutuskan untuk menjalani bisnis bersama. Kamu dan dia harus membicarakan segalanya tentang apa yang akan terjadi dan yang sedang terjadi untuk meminimalisir adanya kesalahpahaman diantara kalian. Bila perlu buatlah evaluasi secara rutin/teratur setiap minggu atau setiap hari bila perlu, hal ini bisa membantu menyampaikan kegundahan yang diantara kalian rasakan. Bahkan, hal ini dapat membuat kalian sama-sama tahu apa yang sebenarnya yang kalian inginkan.
selain itu, sangat perlu bagi kamu dan pasangan kamu memiliki sikap saling menghargai. Jangan lupa juga untuk selalu ucapkan ‘terimakasih’ dan ‘tolong’ setiap kali kamu meminta bantuan darinya. Bila perlu puji pasangan tiap kali dia sukses mencetak prestasi. Selain merasa dihargai hal ini juga bisa memicunya untuk bisa lebih baik lagi.

Buatlah Jobdesk agar pekerjaan berjalan sesuai yang direncanakan

buat jobdesk
original source image www.lifehack.org
Seperti kebanyakan sistem kerja lainnya, kamu dan pasangan juga perlu membuat struktur serta job desc. Hal ini akan membantu kalian untuk memperjelas apa kontribusi serta kewajiban yang harus dijalankan masing-masing pihak. Dengan adanya job desc yang jelas, kamu dan pasangan pun bisa membagi beban kerja sama rata dan bisa mempertanggungjawabkannya. Semisal kamu bertugas sebagai marketing dan mencari klien, sedangkan pasangan yang bertanggungjawab di bagian produksi. Kamu dan dia bisa tetap saling bekerja sama tanpa perlu mencampuri atau mengganggu kewajiban masing-masing.

buat keuangan secara jelas, terperinci, dan transparan.

keuangan yang transparan
original source image pixabay.com
Uang memang menjadi sesuatu hal yang sensitif untuk dibicarakan dalam dunia usaha. Namun, justru kamu dan dia tak boleh menghindari membicarakan keuangan dalam bisnis yang kalian rintis berdua. Jika terus menerus dihindari dan disepelekan, masalah keuangan bisa menjadi bumerang suatu saat nanti.
Untuk menghindari terjadinya hal ini, kamu bisa membuat pembukuan secara jelas dan transparan. Tuliskan secara rinci mulai dari modal (berapa besaran kontribusi masing-masing dari kalian) hingga laba yang didapat. Jangan lupa pula pisahkan keuanganmu dan pasangan.
Kamu perlu memiliki 3 rekening yang berbeda untuk itu. Satu milikmu, pasangan, dan yang terakhir merupakan rekening dari perusahaan yang kalian rintis bersama. Rekening perusahaan berfungsi untuk berhubungan dengan klien dan uang yang dikeluarkan sebagai modal. Sedangkan rekeningmu dan kekasih untuk membagi keuntungan yang kalian dapat secara adil dan merata.


Utamakan Profesionalitas, tetap harus ingat bisnis adalah bisnis

saling terbuka
original source image advancedvisionnetwork.com
Walaupun bisnis yang kamu geluti saat ini melibatkan kekasihmu, namun tetap saja sikap profesional harus diutamakan. Kamu dan dia tetap harus memilah urusan pekerjaan dan pacaran. Kalian tidak disarankan mengambil suatu keputusan kerja berdasarkan suasana hati yang sedang dirasakan. Jangan sampai hubunganmu yang sedang dingin bersama pasangan mempengaruhi kinerja, begitu pula urusan bisnis yang tersendat lantas berimbas pada hubungan berdua. Jika hal ini sampai terjadi, bisa jadi bisnis serta hubungan kalian akan hancur dalam sekejap saja.

Saat sedang terlibat pertengkaran atau masalah apapun, ingat kembali mengapa bisnis ini penting untuk masa depan kalian.

ingat bisnis kalian ke depan
original source image www.medicaldaily.com
Perdebatan serta perselisihan sedikit banyak pasti akan kalian temui di saat merintis usaha bersama. Kamu dan dia akan menemui perbedaan pendapat dan keinginan demi masa depan perusahaan. Jika hal ini kalian alami, kamu dan kekasih perlu mengingat kembali bahwa hubungan kalian sudah lebih dulu ada dan memang bisnis yang kalian tekuni bersama ini memiliki andil besar untuk masa depan kalian. Sehingga, nantinya keputusan yang akan diambil bisa dipikirkan secara matang.

Nah, sekarang...sudah siapkah kamu untuk memulai merintis bisnis dengan pasangan anda? 
ingat, sukses itu bukan dirasakan oleh diri kita sendiri melainkan orang disekitar kita yang kita sayangi
Opini ini dikutip dari Hipwee, dikembangkan dan semoga akan direalisasikan. :-)

0 Response to "Tips Membangun Bisnis Bersama Pasangan Anda"

Post a Comment

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel