Breaking News
Loading...
22 February 2016

Mengganti Domain Blogspot ke Domain TLD membuat Traffic naik atau turun?

Mengganti Domain Blogspot ke Domain TLD membuat Traffic naik atau turun? - Di era informasi saat ini, kemunculan informasi yang lahir tidak dapat dibendung. Informasi yang muncul mulai dari media cetak maupun media online. Internet sebagai alat untuk menyambungkan informasi yang ada di media online kepada masyarakat agar dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Dengan adanya peledakan informasi seperti ini, yang harus diketahui oleh masyarakat adalah bagaimana menyaring jutaan informasi yang ada di media online. Karena tidak semua informasi yang ada di internet adalah informasi penting, hampir 80% adalah informasi sampah dan bahkan tidak sedikit informasi yang mengarah ke sara dan lain sebagainya. 
Dari banyaknya informasi yang bisa dibagikan melalui media online, berbagai orang dan komunitas mulai bermunculan untuk bisa ikut serta menyebarkan informasi. Salah satunya adalah blogger yang selalu memberikan informasi-informasi yang faktual, inspiratif, menarik dan tidak mengundang kontroversi (seharusnya).
Mengganti Domain Blogspot ke Domain TLD membuat Traffic naik atau turun?

Banyak blogger yang berfikir, jika saya menulis..siapa yang akan membaca tulisan saya di internet jika blog saya belum ada pengunjung?
Nah Artikel ini sekaligus menjawab pertanyaan salah satu pembaca blog ini, yang pernah menanyakan :
bagaimana cara memulai blogging yang baik, dan apakah mengganti domain menjadi domain .com dapat memberikan saya pengunjung yang lebih banyak dari sekarang?
Untuk menjadi blogger, tidak lah harus memikirkan siapa yang akan membaca tulisan kita. Karena sesungguhnya orang akan membaca tulisan kita jika tulisan kita itu menarik dan bermanfaat. Lantas, berusaha saja membuat konten/artikel yang berkualitas, setiap hari setiap waktu, rajin-rajin lah posting artikel yang memang benar-benar dapat membantu mereka para pencari informasi, bukan membuat pencari informasi bingung dengan memberikan tulisan-tulisan yang tidak ada ujung pangkalnya. 

Pertanyaan blogger selanjutnya Apakah dengan mengganti domain .tld dapat memberikan traffic yang lebih kepada tulisan saya?
sebagai sesama blogger, saya hanya bisa mengatakan. "Relatif." Dengan mengganti domain, kita tidak bisa mendapat kunjungan yang banyak untuk membaca tulisan kita, tetapi dengan mengganti domain, pengunjung yang telah datang dan mendapat informasi sesuai yang mereka butuhkan maka mereka akan mengingat nama blog kita. Misal nama blog kamu informasiku.blogspot.com. Nama domain yang panjang membuat pengunjung tadi sedikit kesusahan untuk mengingat blog kamu. Coba kamu ganti dengan informasiku.com nah, tentunya ini membuat pengunjung anda semakin mudah mengingat dan suatu saat akan kembali lagi ke blog kamu. Dan yang paling penting adalah, jika artikel/konten yang kita beri benar-benar bermanfaat dan faktual, maka tentunya pengunjung tadi akan menjadi pengunjung setia dan tidak segan untuk merekomendasikan blog kamu ke teman teman mereka. 

Jadi intinya dimana? tetap di kualitas konten bro !! jika konten kita bagus, kita update artikel secara rutin maka pengunjung lama kelamaan akan merangkak naik. Mengganti domain adalah pendukung agar blog kita profesional.
Selain itu, mengganti domain blogspot ke domain TLD memang membuat traffic naik, karena tentunya akan menjadi prioritas di mata search engine. Namun tidak bisa langsung menjadi prioritas, harus ada teknik-teknik yang diperlukan untuk mendapatkan hasil traffik yang jos. Misal dengan melakukan optimasi di blog mulai dari mendaftarkan ke webmaster, analytic, alexa, Mendaftar ke berbagai search engine seperti google, bing, ask dll. Selain itu tetap memberikan SEO pada setiap artikel kamu seperti riset keyword, membuat artikel berdasarkan keyword tertarget dll. Dan jika kita menguasai semua teknik itu, maka sangat mudah untuk kita mendapatkan traffic yang tinggi hanya dengan beberapa artikel. 
Oke, mungkin sampai disini dulu pembahasan mengenai mengganti domain blogspot ke domain TLD apakah membuat traffic naik atau turun?. 1 contoh langsung, saya menggunakan domain dhanicyx.blogspot.com selama hampir 3 tahun dengan jumlah artikel 300 an dan traffic lumayan tinggi, namun setelah mengganti domain ditahun ke empat traffic blog bukannya turun malah naik 80% dari biasanya.
setelah ganti domain trafi naik atau turunmengganti domain trafic naik atau turun

Tips nya adalah mengganti domain disaat pengunjung blog sepi, biasanya jam 1-5 pagi dan yang penting setelah mengganti domain, segera kita daftarkan kembali ke webmaster dan submit sitemap blog yang sudah diganti domain nya, dengan cara ini mudah-mudahan traffic tidak akan mengalami penurunan melainkan kenaikan. Tentunya setelah mengganti domain, usahakan langsung update artikel dan terus memposting artikel berkualitas secara teratur. semoga pertanyaan itu bisa terjawab, tentunya dengan banyakin praktek. 
Semoga bermanfaat :)

Jangan Lupa Share jika Bermanfaat :)

6 komentar:

  1. Artikelnya cukup menarik min... semoga bisa menjadi refrensi buat temen-temen yang masih ragu-ragu untuk hijrah ke TLD...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih bang kenzie yu, tentunya mengganti domain bisa menambah semangat lebih untuk ngeblog..

      Delete
  2. Tempo hari aku malah pindah platform, pas pindah langsung pake TLD :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah waktu pindah platform gimana traffic nya kak? pasti kerja keras nih untuk ngebalikin traffic..

      Delete
  3. aku pernah 2 kali ganti domain, dan trafik nya turun berhari-hari lho. bukan cuma sehari. ganti domain ibarat punya blog baru. semuanya perlu diindex

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, yang sy lakuin setelah ganti domain lgsung submit sitemap ke webmster dan harus keep posting, alhamdulillah traffic nya malah naik nih

      Delete

*Komentar Tanpa Moderasi*
Silahkan berkomentar yang sopan, tidak mengandung unsur sara, pornografi.
Jika blog ini membantu, jangan lupa like Fanspage dan Follow Google+
Terima kasih

Copyright © 2013 Dhani's Blog All Right Reserved